Manfaat Kesehatan Dari Pahitnya Buah Berenuk.

Manfaat Kesehatan Dari Pahitnya Buah Berenuk

Berita Terbaru Kesehatan – Pernahkah Anda mendengar tentang buah Berenuk? Ternyata dibalik baunya yang tidak sedap dan rasa pahit buah berenuk memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Pohon berenuk dipandang sebelah mata dan dianggap tumbuhan liar karena baunya yang tidak sedap. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan banyaknya penelitian tentang berenuk, diketahui bahwa berenuk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, di Filipina buah ini kerap disebut sebagai buah ajaib karena mampu menyembuhkan sejumlah penyakit. Diketahui, berenuk mengandung zat besi, kalium, natrium, kalsium, vitamin B1, dan vitamin C. Lalu, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan oleh buah pahit ini? Oke, dibawah ini kami berikan manfaat kesehatan dari buah yang satu ini.

Manfaat Kesehatan Dari Pahitnya Buah Berenuk.

Mencegah Tumor

Tahukah Anda bahwa sel tumor bermula dari satu sel saja? Nah, kemudian sel-sel ini membelah menjadi banyak sel. Jika tidak ada nutrisi yang tepat masuk ke dalam tubuh, sel-sel ini akan berkembang menjadi ganas. Salah satu cara untuk mencegah pertumbuhan sel tumor adalah dengan mengonsumsi buah berenuk yang mengandung fitokimia untuk menghambat pertumbuhan pembuluh darah baru.

Mencegah Kanker

Menurut penelitian dari Philippine Council for Health Research and Development (PCHRD), ekstrak dari pohon berenuk mengandung flavonoid seperti quercetin dan antrakuinon. Kedua senyawa tersebut berfungsi sebagai fitokimia yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru di dalam tubuh. Oleh karena itu, berenuk dapat mencegah sel kanker berkembang di dalam tubuh manusia.

Mencegah Penyakit Jantung

Anda tidak ingin memiliki masalah jantung, bukan? Nah, salah satu cara mencegah serangan jantung adalah dengan rutin mengonsumsi air matang. Kandungan kalium, kalium dan natrium dalam buah ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengatur gejala tekanan darah tinggi.

Mengatasi Asma

Asma kambuh begitu sering sehingga mengganggu rutinitas harian Anda? Karena itu, minumlah jus buah berenuk secara rutin untuk mengobati asma. Agar terasa manis, campurkan jus dengan kayu manis, pala, dan sirup herbal. Konsumsi jus berenuk ini secara rutin supaya penyakit Asma milikimu tidak mudah kambuh.

Mengatasi Penyakit Hati

Penyakit hati di sini adalah penyakit medis, bukan sakit hati karena Anda ditinggal pasangan. Buah berenuk juga mengandung khasiat anti inflamasi yang dapat membantu tubuh menangani penyakit lever. Nah, bagi Anda yang mengalami gejala hepatitis, sirosis, atau gangguan lever, ada baiknya mengonsumsi air rebusan!

Meredakan Diabetes

Sebenarnya tidak ada cara untuk menyembuhkan diabetes secara tuntas. Namun, meminum rebusan buah berenuk dikatakan dapat menurunkan kadar gula darah. Menurut penelitian, hal ini karena berenuk memiliki efek fitokimia yang dapat melepaskan insulin dan menurunkan gula darah. Selain rutin mengonsumsi buah ini, jangan lupa untuk diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Mengatasi Sembelit

Fakta mengejutkan dari buah ini adalah 96% kandungan berenuknya adalah air. Tinggi air dan kaya serat adalah kombinasi yang bagus untuk mengobati sembelit dan masalah perut lainnya. Jadi jika Anda sedang mengalami masalah pencernaan, mengonsumsi buah ini akan meredakannya.

Nah itulah beberapa manfaat kesehatan dari buah berenuk yang memiliki bau dan rasa tidak sedap. Sejatinya semua obat tidak ada yang enak, oleh karena itu sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Dengan mengganti pola dan gaya hidup menjadi lebih sehat akan memperkecil resiko terkena penyakit-penyakit diatas. Jaga kesehatanmu selalu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *