Khasiat Tersembunyi dalam Sesiung Bawang Putih Tunggal

Khasiat Tersembunyi dalam Sesiung Bawang Putih Tunggal

Berita Terbaru Kesehatan – Mungkin sebagian dari Anda belum tahu bahwa bawang putih sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Ada banyak manfaat bawang putih tunggal yang tidak boleh diabaikan. Bawang bombay tunggal adalah sejenis bawang bombay yang bentuknya seperti bawang versi kecil. Ia tidak memiliki kawanan dan hanya terdiri dari satu butir dalam satu siung. Meski kecil, bawang yang satu ini diklaim memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Pasalnya dalam satu bawang putih tunggal terdapat minyak atsiri, senyawa allicin, dan lain-lain. Beberapa senyawa tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh jika Anda mengkonsumsinya dengan benar. Nah jika anda penasaran dengan apa saja manfaat bawang putih tunggal ini, tonton terus artikel ini sampai selesai.

Khasiat Tersembunyi dalam Sesiung Bawang Putih Tunggal

  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat tunggal bawang putih yang pertama adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Sifat yang satu ini didukung oleh kandungan senyawa organosulfur yang disebut diallyl trisulfide di dalamnya. Senyawa ini akan membantu hati untuk bekerja maksimal mengeluarkan racun dalam tubuh. Misalnya racun yang memicu munculnya sel kanker. Klaim ini didukung oleh penelitian di University of North Carolina. Para peneliti menyatakan bahwa mereka yang rutin makan bawang putih tunggal memiliki kemungkinan 66,67% lebih rendah terkena kanker.

  1. Meminimalkan Resiko Komplikasi Kehamilan

Manfaat bawang putih tunggal selanjutnya adalah meminimalisir komplikasi kehamilan. Bawang yang satu ini diklaim berkhasiat meningkatkan gizi ibu hamil. Ini berkat kandungan enzim alliinase dan allii di dalamnya. Tak hanya itu, bawang putih tunggal bisa menurunkan risiko ibu hamil mengalami preeklamsia.

  1. Menjaga Kinerja Otak

Kandungan senyawa dalam satu bawang putih juga baik untuk menjaga daya ingat. Tepatnya, senyawa yang dimilikinya akan membantu mencegah kerusakan sel saraf di otak. Tak hanya mencegah kerusakan, senyawa ini akan merangsang pertumbuhan sel baru. Efeknya, fungsi kognitif otak akan terjaga dalam waktu lama.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Bukan hanya kanker, bawang putih tunggal juga efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini berkat kandungan allicin dalam bawang tunggal. Sehingga kadar kolesterol tubuh bisa menurun hingga 12% setelah mengkonsumsinya secara rutin selama 4 minggu. Penurunan ini telah dibuktikan oleh lebih dari 12 penelitian.

  1. Meningkatkan Imunitas

Bawang putih telah lama dipercaya sebagai obat flu terbaik. Kandungan vitamin C, selenium, dan sulfur di dalamnya akan membantu tubuh memperbaiki sistem kekebalan yang rusak akibat virus dan bakteri. Pernapasan yang sebelumnya tersumbat karena lendir atau dahak akan berangsur-angsur membaik. Apalagi saat memasuki musim hujan, makan bawang yang satu ini secara rutin ya.

  1. Baik untuk Penderita Hipertensi

Jika mengalami gejala hipertensi, cobalah rutin mengonsumsi bawang yang satu ini. Kandungan oksida nitrat di dalamnya akan membantu pembuluh darah lebih rileks. Tak hanya itu, senyawa dalam bawang tunggal dapat mencegah terjadinya penumpukan plak dan penggumpalan pada jaringan pembuluh darah. Efek jangka panjangnya, risiko serangan jantung nantinya juga akan berkurang.

  1. Obat Diabetes Alami

Dipercaua bahwa bawang tunggal juga merupakan salah satu obat diabetes alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 2-3 bawang tunggal secara rutin akan menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Ini karena kandungan allicin, vitamin B, dan tiamin di dalamnya memicu pankreas memproduksi insulin di dalam tubuh. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan konsumsi makanan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *