Fakta Kebiasaan Yang Salah Dalam Hal Kesehatan

Fakta Kebiasaan Yang Salah Dalam Hal Kesehatan

Berita Terbaru Kesehatan – Bersih pangkal Sehat! Begitulah banyak orang sering mengatakannya. Kalimat tersebut memang menjadi pedoman banyak orang untuk selalu menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan tanpa alasan tentunya, karena memang kebersihan akan sangat erat dengan kesehatan. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kebersihan seperti mandi, cuci tangan, memotong kuku dan masih banyak lagi. Namun pernahkan kamu sadari meskipun sudah menjaga kebersihan tetap saja kamu terserang penyakit? Hal ini dikarenakan terkadang kita kurang menyadari kesalahan dalam hal kebersiha. Menurut kita hal itu benar faktanya itu adalah kesalahan. Nah kesalahan apasih yang dimaksud tersebut? untuk lebih jelasnya silahkan sima 5 fakta kebersihan dibawah ini.

Fakta Kebiasaan Yang Salah Dalam Hal Kesehatan

  1. Makanan yang Jatuh Sebentar Dianggap Masih Bersih

mantra yang diucapkan kebanyakan orang Indonesia saat makanan jatuh. ‘Sayang sekali jika ada makanan enak jatuh. Sudah beli mahal, jatuh, sayang dibuang begitu saja. Biasanya mantra “belum 5 menit” digunakan sebagai pembenaran agar Anda bisa mengambil makanan yang jatuh. Padahal, Anda harus tahu bahwa begitu makanan menyentuh lantai, sudah banyak bakteri dan kuman yang mengepung makanan. Namanya juga sudah melekat, tentu saja banyak kuman dan bakteri yang terbawa dalam makanan.

  1. Mandi Lebih Dari 2 Kali Sehari

Mandi selain membersihkan tubuh dari kuman, juga mengangkat sel kulit mati. Jadi, jika Anda sering mandi, kulit Anda yang belum mati harus terkelupas. Karena itulah terkadang ada kasus iritasi kulit akibat mandi. Selain itu, jika kulit Anda digosok terlalu tipis, bakteri dan kuman dapat mengendap lebih dalam di tubuh Anda. Terlalu sering mencuci juga tidak baik untuk kulit kepala. Ada minyak alami di rambut dan kulit kepala yang harus tetap ada. Jika Anda sering keramas, kulit kepala Anda mungkin kekurangan minyak alami ini. Akibatnya, kulit kepala dan rambut bisa terancam rusak.

  1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah bukanlah hal yang buruk. Tapi, mencuci muka juga tidak baik, apalagi mencuci muka dengan sabun. Kebanyakan orang mencuci muka karena ingin menghilangkan minyak di wajah. Jika terlalu sering, kulit menjadi kering dan berisiko timbulnya jerawat.

  1. Mengusap Keringat Dengan Tangan

Menyeka keringat di wajah dengan tangan sama dengan memindahkan bakteri di tangan ke wajah. Bayangkan, menyeka keringat dengan tangan bukanlah cara yang tepat untuk membersihkan wajah dari keringat. Cobalah untuk mengingat untuk apa tangan Anda telah digunakan? Bakteri dan kuman yang bersarang di tangan Anda akan berpindah ke wajah Anda. Cara teraman adalah dengan menggunakan handuk, tisu, atau kain.

  1. Benda Kotor Paling Sering Digunakan Setiap Hari

Uang adalah barang yang berputar. Dari bank, dia akan pindah ke tangan orang lain, dan seterusnya sampai ratusan bahkan ribuan tangan menyentuhnya, baru akhirnya uang itu mendarat di tangan Anda. Anda tidak tahu berapa banyak jenis bakteri dan kuman yang bersarang di sana. Barang-barang yang paling familiar di tangan manusia seperti remote, handphone, keyboard juga menjadi mall bagi bakteri dan kuman. Mungkin Anda berada di toilet menjaga kebersihan dengan baik.

Setelah buang air kecil, mencuci tangan sudah menjadi kebiasaan Anda. Tapi, Anda harus tahu bahwa tidak semua orang mencuci tangan setelah mengidamnya. Masalahnya, lalu lintas pengguna toilet selalu masuk melalui pintu. Bisa kamu bayangkan orang yang tidak menjaga kebersihan tangannya lalu memegang gagang pintu toilet. Tentu saja kuman dan bakteri akan tertinggal dan selanjutnya akan menyebar ke tangan yang memegang gagang pintu selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *